Imlek dan Apa yang Aku Pelajari

Imlek dan Apa yang Aku Pelajari




GONG XI FA CAI
Jagat sosmed mulai bising, bilang Gong Xi Fa Cai jadi kafir. kalo kata netizen itu mereka Bani Ruwet kurang ketawa hahahaha. ah aku sekarang gak akan bicarain hukum, terlalu hitam putih. padahal hidup yang penuh warna kata good day (sruput kopi dulu). aku sudah nulis masalah boleh tidaknya mengucapkan Gong Xi Fa Cai di posting sebelumnya.
Baca:  Valentine dan Makna Bagi yang Jomblo
Sebelum jauh aku mau nanya, sudah tau gak Gong Xi Fa Cai artinya apa? ucapan yang sering digunakan pada hari imlek ini artinya Selamat, semoga rejekinya lancar. Khas banget kan dari orang Tionghoa.
Kalau masalah bisnis mah memang terdepan. kalo ada yang doain kayak gini di aminin ya. dari pada ngaminin pemuka agama yang doanya biar rejeki orang seret. ya kan.
Gong Xi Fa Cai ucapan ini adalah ucapan selamat tahun baru imlek. Peringatan tahun baru ini sudah berlangsung sejak dinasti Qin 221 SM. Sejak itu kaisar Qin Shi Huang dengan otoritas menetapkan awal tahun cina dan tetap hingga saat ini.
Imlek itu pasti lekat dengan Barongsai, Angpao, Kembang Api. ngomong-ngomong ternyata tradisi itu memiliki makna yang khas dalam tradisi orang Tionghoa.
Barongsai merupakan tarian dengan perlambangan Naga. biasanya dilakukan oleh minimal 2 orang atau lebih dengan menggunakan kostum yang dibuat dari kain dan bahan lain untuk membentuk kepala Naga.
Tarian ini melambangkan turunya naga sebagai perwujudan dewi kesuburan. kalau teman-teman pernah liat iklan susu kaleng cap beruang, ya kayak itu lah ilustrasinya.
Kembang api adalah keceriaan dan suara letupan yang ditimbulkan untuk menakuti Nian. Dalam mitos cina Nian digambarkan sosok raksasa yang takut pada suara bising dan warna merah. Angpao dalam arti kata adalah amplop merah, angpao tidak hanya ketika tahun baru cina tapi juga terdapat pernikahan dan berbagai perayaan lainnya.

Baca: The Second Birth
Ada banyak mitos dalam tradisi angpao seperti Terdapat beberapa hal unik dalam angpao.
Pertama, bilangan dalam angpao. Bilangan dalam angpao tidak boleh berisi nominal ganjil karena melambangkan kesialan dan harus berisi genap dan bukan empat karena empat menurut kepercayaan cina, empat bermakna kematian, misalkan Rp.40.000-Rp.4000.
Kedua, penerima angpao. Penerima pastinya adalah anak2. Seorang anak(yang sudah menikah) memberikan angpao pada orang tua mereka. Anak yang sudah menikah boleh menerima angpao tapi hanya dari orang tua mereka.
Ketiga, amplop angpao harus berwarna merah. Selain juga karena pengaruh mitos tadi, merah bagi orang cina melambangkan keberuntungan, kegembiraan, dan semangat.
Sekarang marilah sejenak berfikir tentang keberuntungan, kebahagiaan, semangat, anak2 dan orang tua dan kaya. Bagaimana mereka menanamkan kasih sayang, semangat dan itu semua tertanam sejak mereka dari kecil. Dan ini hanya dalam satu konsep ANGPAO bagaimana dengan tradisi lainnya.

GONG XI FA CAI
Semoga Rejekinya Lancar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar