Angpao Perspektif Saya





GONG XI FA CAI 
Gong Xi Fa Cai ucapan ini adalah ucapan selamat tahun baru cina. Peringatan tahun baru ini sudah berlangsung sejak dinasti Qin 221 SM. Sebelum dinasti qin tahun baru cina tidak jelas karena perbedaan penetapan awal tahun (bulan 10 dan bulan 1). Sejak itu kaisar Qin Shi Huang dengan otoritas menetapkan awal tahun cina pada bulan 1 dan tetap hingga saat ini.
Terdapat banyak tradisi yang kita lihat dalam perayaan Imlek seperti barongsai, kembang api, angpao dll. Barongsai merupakan tarian yang melambangkan turunya naga atau dewi(a)kesuburan. Kembang api adalah keceriaan dansuara letupan yang ditimbulkan untuk menakuti Nian. Dalam mitos cina Nian digambarkan sosok raksasa yang takut pada suara bising dan warna merah. Angpao dalam arti kata adalah amplop merah, angpao tidak hanya ketika tahun baru cina tapi juga terdapat pernikahan dan berbagai perayaan lainnya. ada banyak mitos dalam tradisi angpao tapi tidak akan saya sebutkan disini, silahkan tanya om wiki(wikipedia)
Terdapat beberapa hal unik dalam angpao. Pertama, bilangan dalam angpao. Bilangan dalam angpao tidak boleh berisi nominal ganjil karena melambangkan kesialan dan harus berisi genap dan bukan empat karena empat menurut kepercayaan cina, empat bermakna kematian, misalkan Rp.40.000-Rp.4000.
Kedua, penerima angpao. Penerima pastinya adalah anak2. Seorang anak(yang sudah menikah) memberikan angpao pada orang tua mereka. Anak yang sudah menikah boleh menerima angpao tapi hanya dari orang tua mereka. Ketiga, amplop angpao harus berwarna merah. Selain juga karena pengaruh mitos diatas, merah bagi orang cina melambangkan keberuntungan, kegembiraan, dan semangat.
Sekarang marilah sejenak berfikir tentang keberuntungan, kebahagiaan, semangat, anak2 dan orang tua dan kaya. Bagaimana mereka menanamkan kasih sayang, semangat dan itu semua tertanam sejak mereka dari kecil. Dan ini hanya dalam satu konsep ANGPAO bagaimana dengan tradisi lainnya.
Cak Shoheb, 30 April 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar